Diposkan pada Informasi, Kesehatan, Pengetahuan

Apasih manfaat berjemur ketika sedang maraknya virus corona ini???

Dengan adanya virus corona ini kita tidak boleh panik. Kita harus tetap dirumah tetapi jangan menyalah artikan diam dirumah bukan berarti kita tidak berolahraga atau tidak keluar rumah sama sekali. Kita harus tetap menjaga kesehatan kita. Nah, salah satunya dengan berjemur.

Apa sih manfaat berjemur untuk tubuh kita?
Apakah virus bisa mati kalau kita berjemur?

Pasti kalian bertanya-tanya tentang manfaat berjemur. Setidaknya jika kalian tidak bisa berolahraga jauh kalian bisa menggantinya dengan berjemur didepan teras rumah kalian.

Berikut adalah manfaat dari berjemur di pagi hari :

1. Meningkatkan produksi vitamin D

Paparan sinar matahari pagi akan merangsang produksi vitamin D di dalam tubuh. Vitamin D diperlukan untuk meningkatkan penyerapan kalsium dan fosfor di usus, sehingga dapat memperkuat tulang, gigi, serta otot.

Tidak hanya itu, vitamin D juga dapat membantu mencegah beragam penyakit, seperti rakitis, osteoporosis, hipertensi, diabetes tipe 1 dan 2, serta multiple sclerosis.

2. Meningkatkan sistem kekebalan tubuh

Sinar matahari dapat meningkatkan sistem kekebalan tubuh. Saat terpapar sinar matahari, tubuh akan menghasilkan lebih banyak sel darah putih yang berfungsi sebagai perlindungan tubuh. Sel darah putih memegang peranan penting dalam melawan berbagai penyebab infeksi.

3. Memperbaiki kualitas tidur

Paparan sinar matahari pagi dapat merangsang produksi hormon melatonin di dalam tubuh. Melatonin adalah hormon yang berperan mengatur siklus tidur. Jika kadar melatonin di dalam darah rendah, siklus tidur Anda dapat terganggu.

4. Mengatasi penyakit kulit

Mendapatkan paparan sinar matahari pagi hari juga diyakini bermanfaat untuk membantu mengatasi berbagai penyakit kulit, mulai dari jerawat, eksim, hingga psoriasis.
Namun sebelum Anda memutuskan untuk berjemur di bawah sinar matahari pagi, sebaiknya konsultasikan dahulu dengan doktermengenai aturan dan lamanya waktu berjemur sesuai kondisi kulit Anda.

5. Mencegah depresi

Paparan sinar matahari di pagi hari juga mampu menghindarkan Anda dari depresi. Kurangnya paparan sinar matahari dapat menurunkan kadar hormon serotonin di dalam tubuh, sehingga lebih mudah terjadi depresi.

6. Menekan risiko kanker

Terpapar sinar matahari secara berlebihan memang bisa memicu kanker kulit. Namun dalam kadar yang tepat, paparan sinar matahari justru bisa mencegah berbagai penyakit kanker, seperti kanker prostat, kanker pankreas, kanker ovarium, kanker usus besar, dan kanker getah bening (limfoma Hodgkin).

Untuk memperoleh berbagai manfaat paparan sinar matahari di atas dengan risiko efek samping yang kecil, Anda disarankan berjemur sebelum jam 10.00 pagi, agar terhindar dari bahaya sinar ultraviolet (UV). Berjemurlah selama 5-15 menit, sebanyak 2-3 kali seminggu. Bila perlu, gunakan tabir suryauntuk melindungi kulit dari sinar UV.

Paparan sinar matahari pagi memiliki beragam manfaat bagi tubuh, namun terlalu banyak terpapar sinar matahari juga dapat berbahaya bagi kulit. Pastikan Anda berjemur pada waktu yang tepat dan tidak berlebihan.

Sumber :

https://www.alodokter.com/manfaat-matahari-pagi-sehangat-sinarnya

Semoga kita semua dilindungi dari virus-virus atau penyakit yang menyeramkan ini. Stay at home and Stay healthy Readers💙

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google

You are commenting using your Google account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s